15 Tips & Trick perawatan mobil Honda

  • kumpulan cara tips trik
  • kata
    • kata lucu
    • kata bijak
    • kata mutiara
    • kata cinta
    • kata gokil
  • lucu
    • gambar lucu
    • pantun lucu
    • tebakan lucu
    • kata lucu
    • cerita lucu
  • berita
    • berita unik
    • berita politik
    • berita artis
    • berita aneh
  • kesehatan
    • asam urat
    • kanker
    • jantung
    • hepatitis
    • ginjal
    • asma
    • lambung
  • gambar
    • gambar unik
    • gambar lucu
    • gambar aneh
    • gambar animasi
    • video lucu
  • hoby
    • burung
    • ikan
    • piaraan
  • contoh
    • surat lamaran
    • recount text
    • descriptive text
    • curriculum vitae
    • deskripsi
  • video
    • video lucu
    • video hantu
    • video polisi
    • video totorial
    • video panas
    • video lagu
  • blog
    • SEO
    • template
    • script
    • widget
    • backlink
    • imacros
  • komputer
    • excel
    • macro excel
Home » Honda » Tips » 15 Tips & Trick perawatan mobil Honda

15 Tips & Trick perawatan mobil Honda

Tips & trick perawatan mobil Honda dirumah yang bisa dilakukan sendiri.

1. Oli mesin yang tepat apa: Gunakan Oli dengan SAE 10W/40, kurang cocok menggunakan oli dengan kekentalan SAE 20W/50, karena Honda termasuk mobil dengan kerenggangan yang cukup rapat antar komponen.

2. Oli Matic yang cocok apa : Sistem Matic jenis CVT, selalu gunakan oli matic CVTF Honda, jangan gunakan merk ENEOS, walau diperuntukan untuk CVT – tapi menurut sumber ENEOS memiliki kandungan aditif yang lebih kasar sehingga tidak cocok dengan karakteristik transmisi matic jenis CVT. Dan dilarang keras menggunakan oli Matic jenis ATF. Apalagi minyak goreng gan, jangan, kasian nyokap ente ntar keabisan minyak.

3. Kaki-kaki berbunyi gluduk-gluduk saat lewat jalan rusak : Faktor paling dominan adalah coba di cek Support Shockbreaker depan, letaknya ada 2 di dalam ruang mesin kiri kanan. Biasanya karena faktor keausan yang membuat komponen dari karet ini menjadi retak atau bahkan pecah dan kehilangan kemampuan peredaman nya. Faktor kedua adalah coba di cek lower arm atau lengan ayun, lengan ayun ini didesain ringkas menyatu dengan bushing arm dan ball joint, komponen ini sering aus karena karet-karetnya telah pecah seiring pemakaian, ini yang bisa menghasilkan suara orkes yang cukup keras di kaki-kaki mobil terutatama saat melewati jalan rusak. Faktor ketiga coba cek juga part seperti rack steer, di batang setir terdapat cross joint yang dapat oblak dan berbunyi ketika melewati jalan rusak. Hal yang terakhir ini yang kadang luput dari perhatian sehingga usaha menghilangkan bunyi-bunyian di kaki-kaki mobil menjadi salah sasaran.

4. Kenapa ada suara mendengung saat mobil melaju cukup kencang : Kemungkinan terbesar dari masalah ini adalah komponen laher atau bearing yang sudah minta pensiun.


5. Kaki-kaki berbunyi gluduk-gluduk saat lewat jalan rusak : Faktor paling dominan adalah coba di cek Support Shockbreaker depan, letaknya ada 2 di dalam ruang mesin kiri kanan. Biasanya karena faktor keausan yang membuat komponen dari karet ini menjadi retak atau bahkan pecah dan kehilangan kemampuan peredaman nya. Faktor kedua adalah coba di cek lower arm atau lengan ayun, lengan ayun ini didesain ringkas menyatu dengan bushing arm dan ball joint, komponen ini sering aus karena karet-karetnya telah pecah seiring pemakaian, ini yang bisa menghasilkan suara orkes yang cukup keras di kaki-kaki mobil terutatama saat melewati jalan rusak. Faktor ketiga coba cek juga part seperti rack steer, di batang setir terdapat cross joint yang dapat oblak dan berbunyi ketika melewati jalan rusak. Hal yang terakhir ini yang kadang luput dari perhatian sehingga usaha menghilangkan bunyi-bunyian di kaki-kaki mobil menjadi salah sasaran.

6. Suara gemuruh saat berkendara: Peredaman mobil ini memang bukan yang terbaik, dan kurang cocok menggunakan ban dengan kompon kasar seperti Bridgestone Potenza, lebih cocok dengan yg kompon agak halus seperti Bridgestone Turanza. Untuk lebih meminimalisir gemuruh dapat juga dengan menambah peredaman di dalam kabin.

7. Lampu atau Headlamp mengembun : Ini adalah salah satu penyakit HC GD8 gan, coba periksa seal-seal antara mika lampu dengan reflector, ini yang kerap menjadi sumber masuknya air. Berikan sealant lagi di seal-seal tersebut. Jangan lupa juga periksa lubang hawa yang di dekat dudukan bohlam, ini juga bisa menjadi celah masuknya air saat hujan atau mencuci mobil.

8. Lampu check engine menyala: Lampu check engine menyala, memang menandakan ada sesuatu yang bermasalah pada komponen mobil, tapi ngga perlu khawatir karena ini tidak selalu menandakan sesuatu yang fatal, terkadang ini terjadi hanya karena ada socket sensor yang kendur atau terlepas, untuk memastikannya bisa dengan menggunakan engine scanner – yang biayanya ngga mahal kok gan

9. Saat pindah gigi pada matic terdengar suara jedug dan agak kasar: Coba cek kapan terakhir kali melakukan penggantian oli trasmisi, oli matic jenis CVT sesuai rekomendasi beberapa pakar, harus diganti tiap 20.000 km, bahkan untuk memperpanjang usia pemakaian transmisi, oli dapat diganti tiap 10.000 km dan di kuras setiap 20.000 km.

10. Rpm drop saat masuk gigi – terutama saat AC dalam keadaan On: Ini bisa dipastikan adalah IACV (Idle Air Control Valve) sudah mulai kotor. Untuk mengatasinya cukup bersihkan IACV menggunakan Carb Cleaner, dengan cara melepasnya terlebih dahulu dari posisinya yang berada di sisi dekat aki, setelah bersih dapat dipasang kembali. Seandainya gejala tersebut belum hilang, dapat dipastikan IACV nya harus di lem kuning alias di lempar tuku maning gan

11. Mobil bergetar saat melakukan pengereman : Ini adalah salah satu gejala dari piringan rem yang permukaannya sudah mulai tidak rata dan harus dibubut ulang. Namun demikian juga jangan langsung memvonis, bisa dengan terlebih dahulu melakukan pengecekan pada peranti penghenti laju tersebut seperti kampas rem dan kaliper rem apakah ada yang kurang tepat dudukan atau pemasangannya.

12. Mobil bergetar di rpm rendah tapi hilang saat rpm mulai tinggi: Ini adalah salah satu gejala dari engine mounting yang sudah minta pensiun gan Terdapat 3 buah engine mounting pada HC GD8, satu dikiri didekat aki, satu dibagian kanan letaknya agak dibawah dan satu lagi di belakang dengan girboks. Diantara 3 E- Mount ini, yang kiri dan kanan lah yang lebih sering jajan. Engine mounting ini tidak bisa diperbaiki, karena ini adalah komponen dari karet kuat yang menempel pada besi yang berfungsi sebagai penopang mesin. Apabila karet-karet di engine mounting tersebut sudah getas ataupun pecah, salah satu gejalanya adalah mesin yang bergetar dan kalau udah parah bisa sampai dashboard dalam kabin semua bergetar

13. Mobil bergetar saat akselerasi dengan cepat tapi tidak terlalu bergetar saat akselerasi dengan halus: Ini gejala awal dari engine mounting yang sudah pecah. Pada saat akselerasi dengan cepat dan spontan, maka mesin mobil akan mengalami efek getar yang kuat dan mengakibatkan getar di mesin yang terasa hingga ke ujung kaki injakan gas, sementara saat berakselerasi dengan halus, karena ini masih gejala awal dari engine mounting maka sebagian karet-karet di engine mounting masih dapat menopang getaran mesin dan tidak sampai mengakibatkan mesin bergetar.

14. Mobil bergetar saat mundur : Terkadang getaran mesin lebih terasa saat mobil mundur, adalah salah satu gejala karet engine mounting rusak di bagian depan sementara karet engine mounting di bagian belakang masih cukup kuat menopang bobot mesin. Namun demikian secara garis besar, kita juga harus peka membedakan getaran-getaran tersebut karena ada getaran yang ternyata bersumber dari transmisi atau kopling yang bermasalah.

15. AC kurang dingin: Kalau bicara komponen AC, terdapat banyak komponen yang saling berkaitan. Kondisi kurang dingin, faktor terbesar adalah karena berkurangnya Freon akibat kebocoran, pengisian atau penambahan Freon memang cukup bisa mengatasi hal ini tapi akan kembali menjadi kurang dingin seiring dengan berkurangnya kembali Freon karena kebocoran. Karena komponen AC sangat banyak mulai dari kompresor, kondensor, Dryer, Katup expansi, Evaporator, magnet clutch, blower, Fan AC dan selang-selang. Perlu pemeriksaan yang menyeluruh terhadap komponen AC.
Ditulis oleh Unknown, Minggu, 13 Januari 2013 02.22- Rating: 4.5

Judul : 15 Tips & Trick perawatan mobil Honda

Deskripsi : Tips & trick perawatan mobil Honda dirumah yang bisa dilakukan sendiri . 1. Oli mesin yang tepat apa : Gunakan Oli dengan SAE 10W/40,...
keyword :15 Tips & Trick perawatan mobil Honda, Honda, Tips

11 komentar untuk "15 Tips & Trick perawatan mobil Honda"

  1. Romanindo23 Oktober 2015 pukul 22.39

    PROMO HONDA !!!
    Honda Jawa Timur- Dapatkan Extra Discount & Bonus pembelian Mobil HONDA di Dealer Kami !!
    *Ready Stock !!! ; Proses Kredit Mudah & Cepat
    Terima Trade In / Tukar Tambah Mobil Anda sebelumnya.
    Hubungi
    082139078903
    085646252788

    Pricelist
    PRICE LIST HONDA PER 01 September 2015
    TIPE HARGA
    BRIO
    Brio Satya 1.2cc MT
    A Rp.119.450.000
    S Rp.124.450.000
    E Rp.130.450.000
    Brio 1.2AT
    S Rp.157.150.000
    E Rp.162.150.000
    Brio 1.3cc sport
    Brio E MT Rp.186.500.000
    Brio E AT Rp.196.500.000
    MOBILIO
    S MT Rp.183.000.000
    E MT Rp.204.000.000
    E CVT Rp.215.000.000
    PRESTIGE Rp.223.500.000
    Mobilio RS MT Rp.226.000.000
    Mobilio RS AT Rp.236.500.000
    JAZZ
    All New Jazz A MT Rp.212.750.000
    All New Jazz S MT Rp.230.750.000
    All New Jazz S CVT Rp.240.750.000
    All New Jazz RS MT Rp.254.250.000
    All New Jazz RS CVT Rp.264.250.000
    FREED
    FREED S A/T Rp.274.050.000
    FREED E A/T Rp.296.050.000
    CRV
    CRV 2.0 M/T Rp.402.250.000
    CRV 2.0 A/T Rp.412.250.000
    CRV 2.0 (Prestige) A/T Rp.431.500.000
    CRV 2.4 A/T Rp.446.250.000
    CRV 2.4(Prestige) Rp.484.750.000
    ALL NEW CITY FMC
    AN CITY S MT Rp.293.750.000
    AN CITY S CVT Rp.304.250.000
    AN CITY E MT Rp.309.250.000
    AN CITY E CVT Rp.318.750.000
    AN CITY ES CVT Rp.338.750.000
    CIVIC
    CIVIC 1.8 M/T Rp.388.750.000
    CIVIC 1.8 A/T Rp.402.250.000
    CIVIC 2.0 AT Navy Rp.461.750.000
    ACCORD
    ACCORD VTI A/T Rp.660.250.000
    ACCORD VTI-L A/T Rp.663.250.000
    ODYSSEY
    ES 2.4 VTiL CVT Rp.713.750.000
    ES 2.4 VTiL CVT Rp.716.750.000
    NB= 1. Silver & Grey
    2. Black &White
    CR-Z
    MT Rp.513.250.000
    SC Rp.514.250.000
    CVT Rp.527.250.000
    CVT (SC) Rp.528.250.000
    MT (Two Toner) Rp.516.250.000
    CVT (Two Toner) Rp.530.250.000
    HRV
    1.5 A M/T Rp.256.500.000
    1.5 S M/T Rp.270.500.000
    1.5 S CVT Rp.280.500.000
    1.5 E CVT Rp.302.500.000
    1.8 Prestige CVT Rp.372.000.000

    BalasHapus
    Balasan
      Balas
  2. Romanindo23 Oktober 2015 pukul 22.40

    http://hondasaim.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
      Balas
  3. Unknown5 Februari 2016 pukul 17.31

    Mbl sy jazz vtec matic 2006, saat mundur kadangkala ada bunyi " sraaak sraaak " kemudian diakhiri bunyi " jedug ( ilustrasi: seperti roda mbl diganjal balok ". Kira2 knapa dg mbl sy yaa...trimakasih,



    BalasHapus
    Balasan
      Balas
  4. Unknown15 Februari 2016 pukul 08.23

    www.promohondasolo.com
    www.mandirisewamobilsolo.com
    www.dyahwscbiolo.com
    www.epsxo.com

    BalasHapus
    Balasan
      Balas
  5. Unknown28 Juni 2016 pukul 07.24

    Punya tulisan bermanfaat.. Tp tidak pernah d tengok.. Ada yg tanya d cuekin..

    BalasHapus
    Balasan
      Balas
  6. Unknown28 Juni 2016 pukul 07.25

    Punya tulisan bermanfaat.. Tp tidak pernah d tengok.. Ada yg tanya d cuekin..

    BalasHapus
    Balasan
      Balas
  7. Frans26 September 2016 pukul 10.39

    info honda jabodetabek
    antony 0821 1219 0202

    HARGA SPESIAL.... GARANSI !!!

    BalasHapus
    Balasan
      Balas
  8. Frans26 September 2016 pukul 10.40

    info honda jabodetabek
    antony 0821 1219 0202

    HARGA SPESIAL.... GARANSI !!!

    BalasHapus
    Balasan
      Balas
  9. vimax asli21 Februari 2017 pukul 05.35

    vimax di jogja

    jual vimax di jogja

    obat vimax di jogja

    vimax asli di jogja

    pembesar penis vimax asli di jogja

    agen vimax asli di jogja

    vimax asli canada di jogja

    vimax asli di medan

    vimax asli di aceh

    vimax asli di binjai

    vimax asli di kisaran

    vimax asi di siantar

    vimax asli di batam

    vimax asli di jakarta

    vimax asli di bandung

    vimax asli di bogor

    vimax asli di solo

    vimax asli di sleman

    vimax asli di bantul

    vimax asli di makassar

    gambar vimax asli canada

    vimax asli di lampung

    vimax asli di palembang

    vimax asli di bali

    vimax asli di malang

    vimax asli di belawan

    vimax asli di gresik

    vimax asli di pati

    vimax asli di jepara

    vimax asli di kudus

    vimax asli di bekasi

    vimax asli di tangerang

    vimax asli di cirebon

    vimax asli di tegal

    BalasHapus
    Balasan
      Balas
  10. Retno28 Mei 2017 pukul 23.48

    Info Honda Area, Kalteng
    Fikri - 0853 4773 1733 (Telp,WhatsApp)

    HARGA TERJANGKAU, DISKON PULUHAN JUTA, BANYAK HADIAHNYA, DP RINGAN, ANGSURAN MURAH, BUNGA RATE KECIL .

    BalasHapus
    Balasan
      Balas
  11. Retno28 Mei 2017 pukul 23.49

    Kunjungi website kita di : www.mobilhondapalangka.com

    BalasHapus
    Balasan
      Balas
Tambahkan komentar
Muat yang lain...

Posting Lebih Baru
Posting Lama
Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Postingan Populer
  • 15 Tips & Trick perawatan mobil Honda
    Tips & trick perawatan mobil Honda dirumah yang bisa dilakukan sendiri . 1. Oli mesin yang tepat apa : Gunakan Oli dengan SAE 10W/40,...
  • Bahaya Isu SARA
    Biasanya, dalam penggunaan fasilitas jaringan internet, misalnya, untuk memberi komentar pada suatu blog, atau media online, atau dalam ha...
  • Tutorial Membuka panel Head unit dashboard Avanza Xenia
    Tutorial Membuka panel Head unit dashboard Avanza Xenia Alat yang dibutuhkan : 1. Obeng Plus (+) atau sebutan lainnya obeng kembang 2. t...
  • Letak ECU/ECM Suzuki ERTIGA
    Letak ECU/ECM Suzuki ERTIGA Posisi ECU/ECM terletak di kompartemen mesin yaitu diantara  ACCU dan FUSE BOX dimaksudkan secara teknis u...
  • Tips Toyota Corolla Altis
    Tips Toyota Corolla Altis Sabuk karet penggerak puli kruk as, alternator dan kompresor AC ini jelas memiliki umur pakai. Suhu tinggi mesi...
  • Cara Mengubah Template Blogspot
    Di samping sejumlah keunggulan dan fitur-fitur yang dimiliki Blogspot dibanding dengan aplikasi blog yang lain, menurut saya salah satu ke...
  • Kelebihan dan Kekurangan Karimun Klasik/kotak dan Estillo
    Karimun Kotak : Kelebihannya: + kabin lega. + anti banjir sampai bemper + spare part murah dan mudah didapat karena mesinnya sama deng...
  • Sekilas tentang CVT GD3 GE8
    Sekilas tentang CVT GD3 GE8 CVT (Continuously Variable Transmission) adalah sejenis transmisi yang dapat berpindah tanpa langkah (stepless...
  • Reset ECU Toyota Fortuner
    Reset ECU Toyota Fortuner 1. Copot kabel negatif aki 2. Biarkan kira2 30 menit, pasang lagi kabel nya 3. Start engine (jgn diinjek dul...
  • Bongkar dan Bersih Throtle Body dan IACV
    Bongkar dan Bersih Throtle Body dan IACV 1. Buka Box Filter Udara mesin 2. Konektor2 elektronik...lepasin dulu...plus satu baut yang n...

Info kumpulan cara tips trik © 15 Tips & Trick perawatan mobil Honda